Senin, 21 Januari 2013

Ringkasan Materi IPA Kelas 3


Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup

Ciri-ciri Makhluk Hidup adalah
  1. Memerlukan makanan
  2. Bergerak
  3. Tumbuh
  4. berkembang biak 
  5.  bernapas
Penggolongan hewan
  1. Berdasarkan tempatnya
  2. Berdasarkan makanannya
  3. Berdasarkan penutup tubuhnya
  4. Berdasarkan cara bergeraknya
  5. Berdasarkan cara berkembangbiaknya
  6. Berdasarkan cara bernapas
Penggolongan Tumbuhan
  1. Berdasarkan bunganya
  2. Berdasarkan keping bijinya
  3. Berdasarkan akarnya
  4. Berdasarkan batangnya
  5. Berdasarkan tulang daunnya
  • Pertumbuhan pada manusia dan hewan ditandai dengan pertambahan tinggi, berat, dan besar tubuh.
  • Pertumbuhan pada hewan ditandai dengan pertambahan tinggi, ukuran daun, banyak daun, banyak ranting, dan besar batang.
  • Menu gizi seimbang terdapat dalam 4 sehat 5 sempurna: Makanan pokokLauk pauk, Sayur-sayuran, Buah-buahan, Susu
  • Istirahat bertujuan untuk menghilangkan kelelahan, menyegarkan tubuh, dan memulihkan tenaga.
  • Rekreasi termasuk bentuk istirahat yang bertujuan untuk menghilangkan kejenuhan akibat kegiatan rutin sehari-hari.
  • Olahraga dapat melenturkan otot-otot tubuh dan melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Lingkungan

  • Dalam lingkungan yang sehat, keadaan tanah, air, dan udara di sekelilingnya bersih dan tidak tercemar.
  • Pencemaran lingkungan dapat berupa pencemaran tanah, pencemaran air, atau pencemaran udara.
  • Cara memelihara kesehatan lingkungan:
1.     Menjaga kebersihan lingkungan
2.     Mencegah terjadinya pencemaran lingkungan
3.     Mengatasi pencemaran lingkungan

Benda dan sifatnya

Benda terdiri dari tiga wujud, yaitu padat, cair dan gas.
Sifat benda padat adalah bentuk dan volumenya tetap.
Sifat benda cair adalah
1.     Bentuk berubah-ubah
2.     Volumenya tetap
3.     Mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah
4.     Meresap melalui celah-celah kecil
5.     Melarutkan benda lain
Sifat benda gas adalah
1.     memiliki bentuk dan volumenya berubah-ubah
2.     menekan ke segala arah
3.     menempati ruang
Perubahan sifat benda dapat diamati dari perubahan bentuk, ukuran, warna, bau dan rasa.
Perubahan sifat benda bisa terjadi karena dibakar,  dipanaskan, atau dietakkan di udara terbuka.



Energi dan Perubahannya

Gerak adalah peristiwa berpindahnya benda.
Jenis gerak antara lain:
a.     Gerak berputar
b.    Gerak menggelinding
c.     Gerak jatuh
d.    Gerak memantul
Hal-hal yang dapat mempengaruhi gerak benda;
a.     Berat benda
b.    Luas permukaan benda
c.     Bentuk permukaan benda
d.    Bentuk permukaan lintasan
Bentu-bentuk energi:
a.     Energi panas
b.    Energi gerak
c.     Energi getaran
d.    Energi listrik
e.     Energi kimia
Sifat-sifat  energi:
a.     Energi itu ada
b.    Tidak dapat dilihat
c.     Dapat dirasakan
Sumber-sumber energi antara lain: sinar matahari, angin, air, kayu bakar, minyak tanah, bahan makanan, baterai, listrik.

Menerapkan konsep energi gerak

Kincir angin adalah kincir yang digerakkan oleh angin.
 Kincir air adalah kincir yang digerakkan oleh air
Cara menghemat energi:
a.     Menggunakan air secukupnya
b.    Menggunakan listrik secukupnya
c.     Menggunakan alat listrik berdaya rendah, tetapi memberi hasil baik.

Bumi dan Alam Semesta

  • Permukaan bumi terdiri dari daratan dan sebaran air.
  • Daratan adalah bagian permukaan bumi yang tidak digenangi air.
  • Wilayah daratan teridiri dari daerah pegunungan, perbukitan, dataran dan lembah.
  • Sebaran air pada permukaan bumi meliputi sungai, danau, rawa, laut, selat, teluk, samudera, dan palung.
  • Globe adalah tiruan bola bumi.
  • Lautan meliputi hampir 2/3 luas permukaan bumi.
  • Cuaca adalah keadaan udara pada satu wilayah tertentu dalam jangka waktu terbatas.
  • Ada beberapa jenis kondisi cuaca, antara lain berawan, cerah, panas, dingin, hujan.
  • Awan berpengaruh terhadap cuaca.
  • Ada tiga macam awan:
1.   Awan sirus berbentuk serabut-serabut halus berwarna putih. Awan ini menandakan hujan akan turun.
2.   Awan kumulus berbentuk gumpalan-gumpalan dengan bagian atas menyerupai bunga kol. Awan putih menandakan cuaca akan tetap panas dan kering. Awan hitam menandakan akan turun hujan deras.
3.   Awan Stratus berbentuk lembaran yang berlapis-lapis dan membentang mendatar. Awan stratus menandakan akan turun hujan gerimis.

IPA SD KLAS 3: PENGGOLONGAN TUMBUHAN


1. Penggolongan Tumbuhan

Berdasarkan Tempat Hidupnya Seperti hewan, tumbuhan pun digolongkan berdasarkan tempat hidupnya. Tempat hidup tumbuhan ada di darat dan ada pula di air. Amatilah tumbuhan yang ada di sekitarmu. Adakah pohon kelapa atau pohon pisang di dekat rumah atau sekolahmu? Di manakah tempat hidup pohon-pohon tersebut? Pohon kelapa dan pohon pisang tempat hidupnya di darat. Pada Gambar 2.6 terlihat tumbuhan anggrek yang hidup di darat. Contoh tumbuhan lain yang hidup di darat adalah mawar, melati, jagung, dan ketela. Namun, ada pula tumbuhan yang tempat hidupnya di air, seperti teratai, eceng gondok, dan kangkung. Bagaimana dengan tempat hidup padi, di darat ataukah di air? Diskusikanlah dengan temanmu.



2. Penggolongan Tumbuhan

Berdasarkan Bentuk Daunnya Hampir semua tumbuhan memiliki daun. Daun berguna sebagai tempat pembuatan makanan dan sebagai alat pernapasan tumbuhan. Bentuk daun bermacam-macam, yaitu
1. Bentuk daun oval, yaitu bagian tengah daun lebih lebar dibandingkan bagian atas dan
    bawahnya, misalnya daun mangga, rambutan, dan durian.
2. Bentuk daun jantung, yaitu bentuknya seperti jantung, misalnya daun eceng gondok dan daun sirih.
3. Bentuk daun menjari atau seperti jari, misalnya daun singkong dan daun pepaya.
4. Bentuk daun memanjang, yaitu helaian daun memiliki lebar yang sama misalnya pandan
    dan padi. Ayo perhatikanlah Gambar 2.8.




3. Penggolongan Tumbuhan

Berdasarkan Bentuk Batangnya Batang adalah bagian tumbuhan yang berguna sebagai penyalur makanan dari akar ke seluruh bagian tumbuhan. Selain itu, batang berfungsi untuk menegakkan tumbuhan di atas permukaan tanah. Tumbuhan yang tinggi, seperti pohon kelapa dan mangga, memiliki batang yang besar, tinggi, dan keras. Adapun tumbuhan yang pendek, biasanya, memiliki batang yang kecil, pendek, dan lunak. Ada pula tumbuhan yang memiliki batang menjalar di tanah, seperti semangka, mentimun, ubi jalar, dan rumput. Batang tumbuhan itu lunak dan ukurannya kecil. Ayo, perhatikanlah Gambar 2.9. Apa fungsi dari batang yang keras dan batang yang lunak itu? Diskusikan bersama guru dan temanmu.




4. Penggolongan Tumbuhan


Berdasarkan Jenis Akarnya Amatilah akar tumbuhan yang ada di lingkungan sekitarmu. Akar bagi tumbuhan sangat penting karena berfungsi untuk menyerap air dan makanan dari dalam tanah. Pada beberapa tumbuhan, seperti wortel dan ketela pohon, akar berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan. Ada dua jenis akar, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut tidak memiliki akar utama dan setiap bagian akar besarnya sama. Akar tunggang adalah akar utama yang berukuran besar dan memiliki akar cabang.
Tumbuhan yang memiliki akar serabut, misalnya tumbuhan padi, jagung, rumput, dan tebu. Tumbuhan yang memiliki akar tunggang, misalnya pohon mangga, jambu, dan durian. Akar memiliki fungsi yang sangat penting. Fungsi akar sebagai penyerap air dari dalam tanah. Hal itu membuat lingkungan terhindar dari banjir karena air yang jatuh ke bumi diserap dengan baik. Akar tumbuhan juga membuat keadaan tanah menjadi subur. Jika tidak ada tumbuhan, air sulit diserap oleh tanah sehingga bencana banjir tidak dapat dihindarkan dan masyarakat akan mengalami kerugian.
Ayo, Cari Tahu 2.2
Mengelompokkan Tumbuhan Berdasarkan Ciri-Ciri
Tujuan
Kamu dapat melakukan pengelompokan tumbuhan.
Langkah Kerja
Salin dan lengkapi tabel di bawah ini di buku latihanmu. Ayo amatilah
tumbuhan di sekitarmu sesuai dengan ciri yang ada pada tabel.
Jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Tumbuhan apa saja yang hidup di air?
2. Adakah tumbuhan yang memiliki bentuk daun oval? Ayo sebutkan.
3. Tumbuhan apa saja yang batangnya lunak?
Ayo, Berlatih 2.2
Kerjakanlah soal-soal berikut di buku latihanmu.
1. Berdasarkan batangnya, mengapa bayam dan kangkung dikelompokkan
    dalam satu kelompok?
2. Apakah perbedaan antara akar serabut dan akar tunggang?
Ayo, Pahami
• Penggolongan makhluk hidup dilakukan berdasarkan persamaan ciri
   yang dimiliki makhluk hidup.
• Penggolongan hewan dibedakan berdasarkan tempat hidup, cara
   gerak, jenis makanan, dan penutup tubuhnya.
• Penggolongan tumbuhan dilakukan berdasarkan tempat hidup,
   bentuk daun, bentuk batang, dan jenis akar.
Ayo, Pelajari Kembali
Apakah kamu sudah memahami materi tentang Penggolongan Makhluk
Hidup? Setelah mempelajarinya, apakah kamu menemukan kesulitan?
Jika ada, diskusikan bersama teman dan gurumu.Tumbuhan dapat digolongkan berdasarkan tempat hidup, jenis daun, jenis batang, dan jenis akarnya.


Modul Komputer Untuk SD Kelas 3,4,5 dan 6 SD


Mungkin di antara pembca yang sedang mencari panduan mengajar TIK khususnya untuk kelas 3,4,5 dan 6 SD. Modul Komputer Untuk SD yang saya buat sebagai panduan mengajar, sekaligus pegangan siswa ini  bisa menjadi alternatif yang dapat membantu pekerjaan guru TIK SD atau orang tua di rumah. Pada page excel asyik ada salah satu guru yang menanyakan seperti apa sih materi TIK untuk anak SD, kebetulan guru tersebut mengajar kelas 1-3 SD berikut cupilkan pertanyaanya:
Hallo pak. salam kenal saya diatri di palembang, sementara ini saya diminta sekolah saya untuk mengajar ICT, pada hal background pendidikan saya sarjana kepelatihan olahraga. I’m really strugling n totally confusion now hehehhehehe, karena permintaan sekolah yang melebihi kapasitas saya untuk memberikan materi yang lebih dari sekolah konvensional biasa, khususnya saya harus memberi materi MS word, power point, excel mulai kelas 1 sd. saya cuma ingin tanya, apa sih materi MS excel yang layak diberikan pada anak Kelas 1-3 sd? dan dlm tugas apa mereka (kls 1-3sd) dapat mengaplikasikannya? mohon masukannya. thanks
Dan saya sudah menjawab pertanyaan guru tersebut lewat e-mail, namun untuk posting kali ini saya akan memberikan beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut secara singkat saja.
  1. Background pendidikan, heheh…kalau urusan yang ini sebenanrnya gak masalah. Banyak yang mengajar matematika bukan sarjana matematika, ngajar PKN bukan sarjana PKN, jadi menurut saya tidak masalah asal guru tersebut menguasai materi. Apalagi mengajar TIK kan visual sekali bisa di pelajari dan saya yakin semua guru mampu mengoperasikan komputer, hanya…………..mungkin perasaan gak pede.
  2. Materi komputer itu sangat banyak ya, kalaupun kita di suruh ngajar office (word,excel,powerpoint) kepada kelas 1-3 SD menurut saya gak masalah asal materi yang di berikan di sesuaikan dengan usia anak. Misalnya kita ngajar word ke kelas 1 SD ya kita berikan saja materi mengetik nama-nama binatang, atau teman-teman di sekitar anak tersebut, gak perlu pengenalan tool dan funsinya itu malah gak bikin ribet, kecuali kelasnya udah agak tinggian misalnya kelas 4,5,6 SD. PowerPoint lebih asyik lagi, anak kecil paling suka sama animasi………..ya kita buat saja animasi tokoh kartun yang mereka sukai trus buat bergerak pake custom animation. Untuk Excel nya ya itung-itungan standar saja misal 1+1=…….dan seterusnya. Ingat ya sekalipun materi pokoknya Office bahasan dan materinya bisa beda tergantung kepada siapa kita ajarkan, kepada profesional……tentu beda lagi. Oke.
  3. Buat panduan belajar untuk siswa dengan materi yang sesuai, seperti Modul Komputer Untuk SD yang saya buat. Dengan perangkat ini akan sangat membantu guru dan sekaligus memudahkan siswa.